Sabtu, 01 Oktober 2011

Tafsir Tematik Ilmu Pengetahuan Yang Membahas Kajian Ilmu Hubungan Internasional Dalam Perspektif Al Qur’an


Bentuk kasih sayang allah kepada manusia ditandai dengan kehadiran Al Quran yang memuat petunjuk dan pedoman dalam kehidupan sehari hari yang bersifat ilmu pengetahuan  . Ilmu pengetahuan sangat erat kaitannya dengan manusia karena ilmu pengetahuan memiliki  manfaat yang berguna sebagai pemecah masalah teknis dan non teknis dalam kehidupan manusia dan ilmu pengetahuan mempunyai obyek yang penting selain yaitu membahas tentang Kehidupan ,benda mati,  serta alam semesta
Al Qur’an adalah kalamulah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad yang memliki banyak kemukjizatan baik secara bahasa , pemberitaan ghaib dan dari segi keilmuan atau isyarat isyarat ilmiah . Kemukjizatan Al Qur’an yang diturunkan sejak abad 7 masehi memiliki dimensi ruang dan waktu yang tak terbatas , banyak sekali pemberitaan ghaib dan ilmu pengetahuan yang berasal dari Al Qur’an baru disadari dan ditemukan manusia dewasa ini  . Al Qur’an merupakan kitab suci yang kompleks membahas tentang hukum , norma , sejarah , akidah dan isyarat isyarat keilmuan tentang seseuatu hal lainnya  . Akan tetapi isyarat Al Qur’an bersifat eksplisit dan perlu pengakjian, penelitian , eksperimen serta penafsiran  yang mendalam untuk menguak isi hikmah yang kandungannya .
Penulis mengunakan  metode Tafsir Tematik tentang ilmu pengetahuan dalam perspektif al qur an dan membahas ayat ayat yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan . khususnya ilmu hubungan internasional karena fenomena globalisasi melahirkan perkembangan kemajuan teknologi dan informasi secara pesat telah merubah aspek kehidupan manusia dalam mempelajari ilmu hubungan internasional dan ilmu hubungan internasional  memberikan dampak yang luar biasa terhadap pergaulan antarnegara serta setiap negara dituntut untuk mampu melakukan komunikasi antarnegara secara tepat, serta membina hubungan internasional yang kondusif dan menguntungkan bagi negaranya. Dan untuk  negara yang masih mengisolasi diri, tentu tidak akan mendapat apa-apa. Sebaliknya, dengan melakukan hubungan internasional, dimungkinkan untuk terjalin kerja sama dengan negara lain .
          Perlu diingat negara, juga tidak bisa memenuhi kebutuhannya sendiri, melainkan memerlukan manusia lainnya. Untuk memenuhi kebutuhan bangsanya, setiap negara memerlukan interaksi Dan bermuammalah  dengan negara lain.  Hal tersebut melahirkan perkembangan baru terhadap kajian ilmu hubungan internasional yang terus mengalami perubahan dan dinamika yang pesat . oleh karena itu penulis ingin membahas tentang kajian ilmu hubungan internasional dalam perspektif Al Qur’an .
 B   Ayat Ayat Dalam Al Qur’an yang Membahas Tentang Ilmu Pengetahuan Yang   Berhubungan Dengan Ilmu Hubungan Internasional ?

QS Yunus : 101

Artinya : “Katakanlah: “Perhatikanlah apa yang ada di langit dan di bumi. Tidaklah bermanfaat tanda kekuasaan Allah dan rasul-rasul yang memberi peringatan bagi orang-orang yang tidak beriman. ” (QS Yunus : 101)

Isi kandungan
Dalam quran surah Yunus ayat  101 diperintahkan agar manusia merenungkan keajaiban langit yang penuh dengan bintang-bintang, matahari dan bulan, keindahan pergantian malam dan siang, air hujan yang turun ke bumi, menghidupkan bumi yang mati, menumbuhkan tanam-tanaman, dan pohon-pohonan dengan buah-buahan yang beraneka warna dan rasa. Hewan-hewan dengan bentuk dan warna yang bermacam-macam hidup diatas bumi, memberi manfaat yang tidak sedikit kepada manusia. Demikian pula keadaan bumi itu sendiri yang terdiri dari gurun pasir, lembah yang terjal, dataran yang luas, samudera yang penuh dengan berbagai ikan yang semuanya itu terdapat tanda-tanda keesaan dan kekuasaan Allah SWT bagi orang-orang yang berfikir dan yakin kepada penciptanya.
          Allah SWT menjelaskan tentang kata langit dan bumi yang mempunyai arti dan aspek tempat yang berbeda begitu juga dengan ilmu hubungan internasional yaitu ilmu yang mebahas tentang pola hubungan antara satu negara dengan negara lain maupun juga aktor aktornya . Allah SWT menyuruh manusia untuk memperhatikan apa saja yang terjadi tidak hanya ditempat kita saja tetapi juga ditempat lain baik itu kejadian sosial maupun budaya yang berguna untuk sebagai pembelajaran . Allah SWT memberikan tanda ditempat yang berbeda sebagai tanda kekuasaan -Nya dan sebagai peringatan dari Rasul bagi orang yang tidak beriman .
Ilmu hubungan internasional mencakup tentang isu yang luas, dari globalisasi dan dampak-dampaknya terhadap masyarakat-masyarakat dan kedaulatan negara sampai kelestrarian ekologis, proliferasi nuklir, nasionalisme, perkembangan ekonomi, terorisme, kejahatan yang terorganisasi, keselamatan umat manusia, dan hak-hak asasi manusia dan hal hal tersebut sudah disebutkan dalam al qur’an secara tersembunyi .


QS  Al Hujarat ayat 13

13. Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling taqwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.   ( Qs al hujarat ayat 13 )

Isi Kandungan :
Dalam surah al hujarat ini allah swt menciptakan manusia laki laki dan perempuan bersuku suku dan berbangsa yang majemuk dan plural ., ada hikmah yang dikandungnya yaitu supaya manusia saling mengenal dan berinteraksi satu sama lainnya  dan diakhir surat Allah SWT  menjelaskan  bahwa manusia yang paling baik adalah yang bertakwa kepada -Nya . ayat ini turun dan ditujukan untuk semua manusia ( an nas ) agar saling melakukan hubungan , interaksi dan silaturahmi antar individu kelompok dan Negara baik yang melewati batas territorial wilayah Negara . 


Islam sebagai agama yang Rahmatan lil alamin memberikan pemahaman tentang interaksi antar bangsa atau persaudaraan Negara  yang komprehensif . Persaudaran dalam islam Menurut tafsir al-Maragi persaudaraan tidak hanya dalam satu nasab akan tetapi juga dalam agama, sedang dalam tafsir al-Mizan fi Tafsir al-Qur’an memberi keterangan bahwa Ukhuwwah yang dimaksud adalah Ukhuwwah biologis yang tidak memiliki pengaruh dari Syari'at dan undang-undang, akan tetapi secara umum dan sosial.
Dalam sebuah sistem bangunan kemasyarakatan khususnya masyarakay internasional bisa dikatakan ideal apabila di dalamnya terdapat bangunan jiwa persaudaraan, persamaan dan keadilan yang tercermin pada pribadi-pribadi manusia sebagai anggota masyarakat. Implikasi adanya jiwa tersebut tentunya telah terciptanya komunitas yang bersatu, bersaudara dan saling menghargai. Oleh karena itulah perlu dibuat aturan main yang disepakati semua element Negara dalam system internasional . atas dasar hal itulah maka ilmu hubungan internasional semakin berkembang dan memerlukan riset yang mendalam sehingga terciptnya tatanan dunia yang damai .


QS Ar Rum ayat 22

22. Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah menciptakan langit dan bumi dan berlain-lainan bahasamu dan warna kulitmu. Sesungguhnya pada yang demikan itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang mengetahui.


Isi Kandungan :
Dalam Al Qur’an surat Ar Rum ayat 22 Allah SWT  menyatakan bahwa Dia menciptakan langit dan bumi sebagai sebuah tanda kekuasaanyaa yang absolut serta menciptakan manusia yang multi sosial dan multi cultural . Bahasa merupakan produk sosial manusia yang merupakan anugerah dari Allah SWT  begitu juga dengan warna kulit manusia . Ada beberapa perbedaan bahasa dan warna kulit antar bangsa satu dengan bangsa lainnya yang hal itu merupakan tanda dan isyarat tentang suatu hikmah bagi orang  orang yang mengetahui
. Sesungguhnya dalam perbedaan bahasa dan warna kulit terdapat pula perbedaan potensi antar manusia, manusia adalah mahluk sosial yang harus bersosialisasi dengan manusia lainya baik untuk mendapatkan kemakmuran maupun sebagai upaya untuk tetap eksis , tetapi manusia mempunyai kekurangan baik secara sumber daya manusia maupun sumber daya alam . Oleh karena itu diperlukan interaksi dan pola hubungan dengan individu yang lain meskipun individu itu berbeda bahasa maupun warna kulit . Pola hubungan yang baik itu mengharuskan manusia untuk mempelajari sebuah study yang berlaku secara universal dan bisa diterima oleh individu lainnya .

QS An Nisa ayat 1

Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya. Allah menciptakan isterinya; dan dari pada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak.
Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain , dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.

          Isi Kandungan ;
           Didalam surat ini mungkin ada beberapa aspek yang peru dibahsa selain ruang li9ngkup ilmu hubungan internasional  tetapi penulis hanya ingin mengukit kalimat terakhir yang berbunyi   “Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain , dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu .
         Allah menitik beratkan pada kata silaturahmi ( interaksi ) daikhir surat yang mengadung pengertian bahwa silaturahmi merupakan bagian vital dalam hidup manusia sebagai khalifah dimuka bumi ini . dalam surat ini allah swt juga  mengatakan bahwa kita harus bertakwa menggunakan namnaya ( sesuai dengan ajaran rasullulaah )  dan saling memeinta serta membutuhkan antara satu dengan yang lain .  
             Salah satu faktor penyebab terjadinya hubungan internasional adalah kekayaan alam dan perkembangan industri yang tidak merata. Hal tersebut mendorong kerjasamaantar negara dan antar individu yang tunduk pada hukum yang dianut negaranya masing-masing. Hubungan internasional merupakan hubungan antar negara atau antarindividu dari negara yang berbeda-beda, baik berupa hubungan politis, budaya, ekonomi, ataupun hankam. Hubungan internasional menurut buku Rencana Strategi Pelaksanaan Politik Luar Negeri RI (RENSTRA) adalah hubungan antar bangsa dalam segala aspeknya yang dilakukan oleh suatu negara tersebut.
              Al quran sudah memeberikan pengertian bahwa hubungan internasional adalah sesuatu yang penting dan bermanfaat bagi kehidupan manusia dan mencakup aspek yang sangat luas dan kompleks untuk dipelajari.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar